Kenali 3 Cara menggugurkan Kandungan Berikut dengan Resikonya

dr. Aizah Lawang, Sp. OG

Jakarta, 14 Maret 2020

Kenali 3 Cara menggugurkan kandungan yang baik dan benar serta Resiko di setiap caranya masing-masing

Cara Menggugurkan kandungan merupakan suatu cara untuk mengakhiri kehamilan dengan cara mengosongkan isi rahim. Kehamilan yang tidak diinginkan pasti berakhir dengan tindakan aborsi. Ini biasanya dilakukan untuk menyelesaikan masalah demi kesehatan maupun karena kondisi mental.


Kehamilan bisa terjadi bagi wanita yang masih muda atau yang sudah tua dan wanita yang sudah menikah atau yang belum menikah. Permasalahannya ada pada kehamilan yang tidak diinginkan. Maka dari itu pasti anda akan bertanya bagaiman cara menggugurkan kandungan yang aman.


1. DENGAN CARA TRADITIONAL
Cara menggugurkan hamil juga bisa dilakukan dengan secara tradisional. Sebelumnya perlu diketahui bahwa cara tradisional sangat tidak disarankan karena dapat membahayakan sang ibu. metode tradisional yang mungkin dapat menggugurkan kandungan adalah seperti konsumsi jamu, minuman beralkohol, atau buah tertentu. Jenis jamu yang bisa di gunakan untuk menggugurkan kandungan seperti jamu racikan yang mengandung ragi hingga jamu kunyit asam yang berfungsi melancarkan menstruasi. Sedangan untuk buah-buahan seperti halnya nanas muda, durian, dan pepaya muda juga dapat menggugurkan kandungan.


2. OBAT ABORSI
Cara menggugurkan kandungan secara medis selanjutnya adalah dengan menggunakan obat aborsi. Metode aborsi menggunakan obat boleh dilakukan jika umur kandungan tidak lebih dari 12 minggu. Tingkat keberhasilan cara menggugurkan kandungan satu ini hanya sekitar 60%, jika obat dikonsumsi dengan dosis yang tepat. Obat aborsi bisa dikonsumsi secara oral maupun melalui vagina. Setelah konsumsi obat ini, wanita hamil akan mengalami kontraksi perut dan pendarahan.

Menggugurkan kandungan menggunakan obat-obatan justru sangat berbahaya karena dapat berisiko menyebabkan hal-hal seperti berikut ini :

Pendarahan berlebihan namun tidak segera ditangani secara medis
Proses aborsi yang tidak berhasil dan justru janin terus berkembang, tapi berisiko mengalami cacat lahir.
Tertinggalmya jaringan di rahim yang dapat membahayakan sang ibu.

Pendarahan dapat terjadi sekitar 3-4 hari hingga seluruh jaringan embrio keluar dari rahim. Jika memilih cara menggugurkan hamil yang satu ini Harus Berfikir 2 kali, karena sangat membahayakan kesehatan sang ibu apa lagi tanpa pengawasan oleh dokter spesialis kandungan secara langsung, dan cara aborsi ini belum tentu berhasil hanya akan menambah masalah baru.


3. TEKNIK VACUM
Cara menggugurkan kandungan dengan teknik vakum aspirasi di Klinik Aborsi adalah teknik aborsi dengan menggunakan alat hisap atau penyedotan yang terbuat dari selang karet dan diujungnya terdapat pipet atau sedotan yang dimasukkan ke dalam rahim. Lalu isi rahim disedot dengan alat kompresor udara.


Metode ini tidak menimbulkan robekan dan tidak ada yang perlu dibedah atau disayat. Sangat praktis dan efektif karena tindakannya hanya membutuhkan waktu 10-15 menit. Ibarat minuman dalam botol disedot dengan pipet sampai habis. Rahim dapat dinyatakan sudah kosong atau bersih setelah diperiksa dengan USG. Dan biaya aborsi di klinik aborsi raden saleh sangat terjangkau.

Metode Vakum Aspirasi sangat Sarankan untuk menggugurkan kandungan karena :
Ditangani langsung oleh dokter kandungan
Pemeriksaan dengan Ultrasonography (USG)
Mengetahui resiko dan mengatasinya dengan cara medis
Dilakukan observasi (pemeriksaan) sebelum dilakukan aborsi
Menjamin kesehatan dan keselamatan pasien
Dapat konsultasi atau kontrol kembali jika terjadi keluhan

Anda pasti sudah memahami cara terbaik untuk menggugurkan kehamilan adalah dengan menggunakan teknik vakum aspirasi. Klinik Aborsi Raden Saleh telah dilengkapi dengan fasilitas yang memadai untuk vakum aspirasi.

Silahkan berkonsultasi terlebih dahulu Gratis dengan Customer Service kami di layanan yang sudah kami cantumkan sebelum melakukan tindakan aborsi, Anda akan langsung berbicara dengan dokter Spesialis Kandungan di layanan yang telah kami sediakan.

Demikian penjelasan diatas tentang bagaimana cara menggugurkan kandungan yang baik dan benar sehingga mendapatkan jaminan 100% keberhasilan untuk melakukan tindakan aborsi.