KLINIK ABORSI TEMPAT ABORSI

KLINIK RADEN SALEH

klinikaborsiradensaleh.com adalah Klinik aborsi atau klinik kuret yang memegang sertifikasi Legal dari Dinas Kesehatan Indonesia untuk memberikan pelayanan terbaik tindakan aborsi kuret yang baik dan benar.

​​​

Klinik raden saleh merupakan tempat aborsi yang menjadi acuan seluruh dokter spesialis kandungan dan rujukan dari semua rumah sakit, klinik kesehatan wanita di indonesia. Mempunyai 10 Dokter Kandungan dan 50 Team Medis profesional yang handal dan terpercaya untuk melakukan tindakan kuret atau aborsi

Cari
  • Klinik Raden Saleh

6 Alasan Kuret Wajib dilakukan Oleh Wanita

Diperbarui: 6 hari yang lalu


Kuret atau kuretase adalah tindakan yang sering dilakukan pada wanita yang mengalami keguguran dan untuk membantu diagnostik para dokter. Prosedur ini dilakukan karena berbagai alasan. Paling umum, kuret dilakukan untuk membantu menentukan penyebab perdarahan uterus yang abnormal.

Sebenarnya Apa Itu Kuret?

Kuret dalam dunia medis disebut D&C (dilation and curettage) atau dilatasi dan kuretase adalah prosedur di mana serviks rahim diperluas (dilatasi) sehingga lapisan rahim (endometrium) bisa dihilangkan dengan alat berbentuk sendok yang disebut kuret atau kuretase. Kuret adalah prosedur yang diperlukan untuk mengangkat jaringan yang tersisa di dalam rahim setelah wanita mengalami keguguran.


Kuretase akibat keguguran dilakukan karena rahim tidak akan terbuka sendiri. Berbeda dengan rahim ibu yang melahirklan secara otomatis akan terbuka dengan sendirinya.

Kuretase juga dapat dilakukan untuk membantu menentukan tingkat kelainan endometrium pada kasus kanker atau sel pra-kanker yang terdeteksi oleh biopsi. D&C juga terkadang diperlukan untuk mengangkat jaringan setelah keguguran.


Dalam beberapa kasus, D&C dibutuhkan terutama pada wanita yang mengalami perdarahan berat setelah keguguran. Ini adalah cara tercepat untuk menghentikan pendarahan dan menghindari perkembangan hipovolemia (kehilangan banyak darah) dan anemia. Sekarang Anda sudah tahu apa itu kuret, nah, berikut ini merupakan 6 alasan mengapa kuret wajib dilakukan wanita.


Alasan Kenapa Harus Kuret

Tidak hanya keguguran, ada beberapa alasan mengapa atau kapan kuret harus dilakukan pada wanita, berikut di antaranya:

1. Keguguran, aborsi, & persalinan

Tindakan kuretase dapat dilakukan sebagai pilihan untuk kasus keguguran, tindakan kuretase pada abortus atau aborsi, dan setelah persalinan. Ini dilakukan untuk membersihkan sisa jaringan plasenta (ari-ari) yang tertinggal atau sisa jaringan janin di dalam rahim setelah proses keguguran, aborsi dan persalinan.

Pada kasus keguguran atau tertinggalnya jaringan plasenta setelah persalinan, jaringan yang tertinggal dalam dinding rahim akan menimbulkan hambatan pada rahim untuk berkontraksi. Akibatnya bila rahim tak bisa berkontraksi, rahim tidak bisa menutup pembuluh darah yang terbuka sehingga perdarahan terus terjadi.

Selain itu jaringan sisa ini merupakan tempat berkembang biaknya kuman, sehingga infeksi mudah terjadi. Dengan dilakukan tindakan kuretase maka semua jaringan yang menganggu akan dikeluarkan dan rahim dapat berkontraksi sempurna sehingga perdarahan pun berhenti dan infeksipun terhindar.

2. Membantu diagnosa

Tindakan ini dapat digunakan sebagai cara untuk membantu diagnosa suatu penyakit rahim misalnya perdarahan per vaginam yang tak teratur.

3. Perdarahan

Perdarahan per vaginam yang hebat dan lama atau perdarahan hebat setelah menopause bisa menjadi alasan dilakukannya tindakan kuretase.

4. Kanker rahim, Infeksi, & kesuburan

Kuret adalah tindakan yang dilakukan sebagai kecurigaan akan kanker endometriosis atau kanker rahim, infeksi rahim, dan pemeriksaan kesuburan (infertilitas).


5. Hamil anggur

Mola hidatidosa atau hamil anggur adalah kehamilan abnormal atau kehamilan yang gagal. Hamil anggur ini berupa tumor jinak yang disebabkan kegagalan pembentukan janin. Kondisi ini diperlukan kuret dengan tindakan operasi pengangkatan jaringan yang abnormal. Ini adalah metode penanganan hamil anggur yang sering disarankan.

Hamil anggur jika dibiarkan akan menimbulkan kematian akibat perdarahan.


6. Polip rahim

Polip rahim adalah pertumbuhan yang berbentuk bulat atau lonjong di dinding dalam rahim yang meluas ke dalam rongga rahim. Polip rahim ini biasanya jinak, meskipun beberapa bersifat kanker. Tindakan kuretase dapat perdilakukan dengan operasi pengangakatan untuk menghilangkan polip rahim.

Prosedur Kuret di Klinik Raden Saleh

Prosedur kuret biasanya dilakukan dalam keadaan pasien yang sudah diberi obat bius lokal dengan tujuan untuk membuat pasien nyaman dan tidak ada rasa sakit pada rahim. Kuret biasanya dilakukan dengan alat vakum karena pertimbangan keamanan dan kenyamanan pada pasien.


Gambaran singkat mengenai prosedur kuret diawali dengan memberikan obat anestesi umum atau lokal sesuai dengan kondisi pasien. Setelah itu dokter akan melakukan kuret pertama dengan memasukkan spekulum ke dalam vagina. Meskipun prosedur ini tidak melibatkan jahitan atau menyebabkan luka pada mulut rahim namun dokter akan memberikan cairan antiseptik untuk membersihkan area vagina dan serviks. Ada dua macam perlengkapan yang bisa digunakan untuk kuret yaitu tabung hisap (kuret vakum) dan peralatan yang berbentuk seperti sendok. Dokter akan menggunakan alat yang paling aman untuk pasien. Prosedur ini akan menghabiskan waktu selama 30 menit hingga proses selesai. Namun prosedur kuret sendiri sebenarnya bisa selesai dalam waktu 10 menit saja.

0 tampilan