• Klinik Raden Saleh

Apa Benar ? Sprite Dapat menggugurkan kandungan !



Apa Benar ? Sprite Dapat menggugurkan kandungan !

Kembali lagi kami akan menjelasakan salah satu cara menggugurkan kehamilan yang bisa dijadikan pilihan aborsi. Pada artikel Klinik raden saleh ini akan memberikan informasi aborsi menggunakan minuman sprite yang katanya bisa membantu Anda untuk menghilangkan janin dalam kandungan Anda.


Sebelum kita membahas bagaimana Cara menggugurkan kandungan dengan sprite, ada baiknya kita mengenal dulu apa saja kandungan yang terdapat didalam minuman bersoda ini. Karna dengan mengetahui apa saja zat yang ada di sprite, tentu kita dapat mengambil kesimpulan apakah cara ini betul-betul ampuh untuk Menggugurkan kandungan.


Kandungan Yang Terdapat di Dalam Minuman Sprite

Sprite yang sebelumnya kita kenal dengan merek Fanta Klare Zitrone atau dalam bahasa inggrisnya adalah Clear Lemon Fanta. Minuman bersoda ini merupakan minuman yang tidak memiliki warna atau bening dengan rasa jeruk nipis dan lemon serta tidak memiliki kandungan kafeina. Diproduksi oleh pabrik The Coca-Cola Inc dan mulai dipasarkan secara masal di negara Amerika Serikat pada pertengahan tahun 1961 dan mulai menggantikan merek dagang Fanta Klare Zitrone diarea negara Jerman Barat. Sebelum sprite dipasarkan, ternyata ada minuman sejenis yang terkenal lebih dahulu, yaitu 7UP yang dibuat oleh Dr Pepper Snapple Inc.


Berikut ini adalah Zat yang terkandung didalam minuman sprite:

  1. Air berkarbonasi

  2. Pengawet (Natrium benzoat)

  3. GulaPerisa lemon lime

  4. Pengatur keasamanNatrium sitrat

  5. Asam sitrat


Bagaimana Cara Menggugurkan Kandungan Dengan Sprite

Setelah kita mengetahui apa saja zat aktif yang terkandung didalam Sprite, maka saya akan coba memberikan gambaran bagaimana jika seseorang melakukan proses aborsi dengan menggunakan sprite ini. Apakah cara ini berbahaya pada kesehatan atau tidak, mari kita bahas semuanya sekarang.


Air karbonisasi yang dicampurkan dengan gula dapat menimbulkan peningkatan kadar asam didalam tubuh terutama diarea lambung. Saat kadar asam meningkat, maka lambung akan terkikis oleh keasaman dari kedua bahan tersebut. Lambung anda akan mengalami pengikisan pada dindingnya. Apalagi jika sprite di konsumsi dalam jumlah banyak. Walaupun ada pengatur keasaman yang dimasukan kedalam sprite, tapi jika kita mengkonsum secara berlebihan, maka sudah dapat dipastikan akan terciptanya kadar asam yang cukup tinggi yang mampu merusak dinding pada lambung. Racun akan tercipta jika lambung Anda terluka dan masuk kedalam ginjal.


Saat racun-racun tersebut mulai masuk kedalam ginjal, maka ginjal akan berusaha untuk menetralisirnya. Racun dalam jumlah sedikit masih dapat dinetralkan oleh ginjal, tapi jika racun yang menyerang ginjal dalam jumlah yang sangat banyak, maka Anda akan mengalami kondisi yang sering disebut gagal ginjal.


Sprite Berbahaya Bagi Kandungan

Jika dilihat dari penjelasan saya diatas, kalian akan mengetahui bagaimana bahayanya jika kita melakukan proses aborsi dengan cara mengkonsumsi sprite yang berlebih. Banyak sekali laporan yang diberikan oleh pasien kami mengenai efek samping yang dihasilkan karna mencoba dengan sprite yang mereka kira mampu menghilangkan janin. Kebanyakan laporan, mengindikasikan pasien tersebut mengalami sakit pada baguan perut bagian bawah. Hingga akhirnya susah untuk buag air kecil. Ginjal yang rusak tentu saja membuat kondisi tubuh Anda akan mudah terserang penyakit serius.


Baca : Cara Menggugurkan kandungan 100% Berhasil


Cara Menggugurkan Kandungan Selain Sprite

Jika menggugurkan kandungan dengan sprite cukup berbahaya bagi kesehatan, maka cara apakah yang cukup aman untuk menggagalkan kehamilan anda?

Sebetulnya Cara menggugurkan kandungan paling aman dan cepat adalah menggunakan dengan teknik vakum aspirasi yang di kerjakan oleh Klinik Raden Saleh serta di tangani Langsung Dokter Spesialis Kandungan.


Teknik vakum aspirasi

Cara menggugurkan dengan teknik vakum aspirasi adalah teknik aborsi dengan menggunakan alat hisap atau penyedotan yang terbuat dari selang karet dan diujungnya terdapat pipet atau sedotan yang dimasukkan ke dalam rahim. Lalu isi rahim disedot dengan alat kompresor udara. Teknik ini tidak menimbulkan robekan atau tidak ada yang perlu dibedah atau disayat. Sangat praktis dan efektif karena tindakannya hanya membutuhkan waktu 10-15 menit. Ibarat minuman dalam botol disedot dengan pipet sampai habis. Rahim dapat dinyatakan sudah kosong atau bersih setelah diperiksa dengan Usg.

Teknik vakum aspirasi sangat direkomendasikan untuk menggugurkan kandungan karena:

  • Ditangani langsung oleh dokter

  • Pemeriksaan dengan Usg

  • Mengetahui resiko dan mengatasinya

  • Dilakukan observasi sebelum dilakukan aborsi

  • Menjamin kesehatan dan keselamatan pasien

  • Dapat konsultasi atau kontrol kembali jika terjadi keluhan


Dari keterangan diatas anda pasti sudah memahami cara terbaik menggugurkan kandungan adalah dengan cara teknik vakum aspirasi. Klinik Aborsi Jakarta telah dilengkapi dengan fasilitas yang memadai untuk vakum aspirasi. Silahkan anda berkunjung ke klinik dan lebih baik jika anda menelepon kami terlebih dahulu.


Apabila anda sudah sempat menggugurkan kandungan dengan cara meminum Sprite, Nanas Muda, alkohol, paracetamol, cytotec, mifepristone, paramex, Soda alangkah baiknya anda segera periksa ke dokter kandungan untuk dilakukan Usg. Dengan pemeriksaan Usg dokter akan melihat apakah masih ada jaringan yang tertinggal di dalam rahim atau janin masih utuh.


Jika seorang wanita melakukan aborsi dengan pil aborsi atau jamu peluntur kandungan maka dia sendiri tidak akan tahu apakah aborsi tersebut berhasil tuntas atau tidak. Meminum pil aborsi atau jamu penggugur kandungan biasanya ditandai dengan terjadinya pendarahan. Perlu diketahui bahwa darah yang keluar belum tentu disertai dengan keluarnya janin dan jaringan plasenta. Atau jika ada jaringan yang sudah keluar bersamaan dengan pendarahan tadi maka belum tentu sudah keluar semuanya. Bisa saja masih ada yang tertinggal dan menempel di dinding rahim.

Jaringan yang tertinggal tersebutlah yang selalu menjadi penyebab terjadinya komplikasi pasca menggugurkan kandungan. Sebagian besar tidak menyadari janin masih utuh dan terus berkembang dan diketahui setelah menstruasi tidak kunjung datang atau setelah perut makin membesar.

Kasus seperti ini sering terjadi di klinik aborsi jakarta. Pasien datang setelah kehamilan trimester kedua (13-24 minggu) bahkan ada yang trimester ketiga. Ini semua karena mereka terlalu yakin dengan aborsi yang dilakukannya melalui obat aborsi atau jamu penggugur telah berhasil.Dalam kondisi seperti ini sudah menjadi masalah baru lagi karena dengan kehamilan yang besar belum tentu diterima oleh dokter. Kalaupun dokter menerima sudah pasti biaya aborsi juga sudah tergolong mahal.


Menggugurkan Kandungan Di Klinik Raden Saleh Jakarta Cara Menggugurkan kandungan di klinik raden saleh tidak menggunakan cara medis (pil aborsi) atau jamu jamuan melainkan dengan proses kuretase yaitu dengan menggunakan alat vakum aspirasi. Pelaksanaan proses ini dilakukan oleh dokter kandungan yang sudah berpengalaman telah menangani kasus aborsi berkali kali.

Didampingi oleh perawat wanita yang sudah terlatih dan mampu bekerja dengan baik. Dokter dan perawat ini sebelumnya telah mendapat pendidikan dan pelatihan khusus untuk menggunakan alat vakum aspirasi.


Proses aborsi vakum aspirasi terbagi menjadi dua metode, yaitu : Vakum manual

Metode ini melibatkan penggunaan jarum suntik yang dirancang khusus untuk mengisap janin (fetus) atau embrio. Tidak semua klinik aborsi menyediakan metode ini. Namun di beberapa wilayah  metode ini lebih mudah ditemukan dibandingkan vakum aspirasi menggunakan pompa elektrik.


Vakum elektrik

Vakum aspirasi dengan metode ini melibatkan penggunaan tabung pipih (kanula) yang dilekatkan dengan tabung ke botol dan pompa, sehingga menghasilkan vakum yang lembut. Kanula dimasukkan ke dalam rahim, pompa dihidupkan, dan jaringan dihisap dengan lembut dari rahim.


Cara Kerja Vakum Aspirasi

Sebelum memulai prosedur ini dokter kandungan akan memeriksa panggul atau melakukan USG untuk memastikan ukuran, posisi, dan kondisi rahim pasien. Lalu memasukkan speculum ke dalam vagina untuk membuka dinding vagina agar dokter dapat melihat leher rahim.Leher rahim pasien akan dibaluri dengan larutan antiseptik sebelum tenakulum dimasukkan untuk menahan leher rahim dalam posisi yang tepat selama prosedur berlangsung. Dokter akan menyuntikkan bius lokal pada daerah leher rahim untuk mengurangi rasa sakit selama prosedur. Lalu memasukkan dilator untuk membuka leher rahim secara bertahap.


Dengan sebuah kanula berbentuk pipet dimasukkan ke dalam rahim melalui leher rahim. Kanula yang terhubung dengan tabung ini akan bergerak maju-mundur untuk menghisap jaringan dalam rahim. Proses ini dilakukan sampai rahim bersih sekitar 10-15 menit.

Setelah proses selesai maka akan dilakukan Usg untuk memastikan rahim sudah bersih atau masih ada yang tersisa. Jika masih ada yang tersisa maka akan dilakukan lagi proses penyedotan sampai rahim benar benar bersih.


Proses menggugurkan kandungan dengan teknik dilatasi dan evakuasi

Proses ini dilakukan pada kehamilan trimester kedua atau diatas 12 minggu. Proses ini adalah mengeluarkan isi rahim dengan cara menarik embrio dan plasenta dengan forceps. Forceps adalah alat penjepit seperti sendok besar yang terbuat dari besi stainless.

Lalu kemudian menggunakan vakum aspirasi untuk membersihkan sisanya. Proses dilatasi dan evakuasi memakan waktu antara 15-30 menit. Sebelum proses pasien terlebih dahulu diberikan suntikan anestesi atau bius untuk menghilangkan rasa sakit.


Cara kerjanya adalah sebelum proses dilakukan dokter memasukkan laminaria ke dalam vagina untuk melebarkan serviks. Laminaria adalah benda kecil yang terbuat dari kayu seperti tusuk gigi jika diletakkan di mulut rahim maka alat tersebut mengembang karena resapan cairan dari dalam rahim.


Dengan mengembangnya laminaria tersebut maka rahim akan melunak dan membuka mulut rahim. Setelah mulut rahim melebar maka dokter akan mengeluarkan isi rahim dengan forceps.Setelah selesai proses aborsi, pasien dipindahkan ke ruang istirahat untuk pemulihan. Di ruangan ini pasien akan diobservasi dan diberikan obat penghilang rasa sakit pasca aborsi.


Sambil menunggu kondisi pasien pulih dan stabil, dokter akan menjelaskan semua informasi tentang apa yang perlu dilakukan setelah kembali ke rumah. Yaitu berapa lama waktu istirahat dan makanan/minuman apa yang perlu dihindari dan yang penting untuk dikonsumsi untuk mempercepat pemulihan.


Di ruangan ini beristirahat selama 15-30 menit. Jika kondisi pasien sudah baik maka sudah bisa diperbolehkan pulang. Untuk aborsi dengan kehamilan kecil biasanya bisa langsung beraktifitas seperti biasa. Tapi untuk aborsi dengan kehamilan besar maka akan perlu waktu beristirahat beberapa hari di rumah sampai kondisi baik.

4 tampilan