• Klinik Raden Saleh

Hamil 1 Minggu ??? ini Tanda yang Harus diketahui



Penyebab banyak wanita tidak tau tanda-tanda kehamilan di minggu pertama karena kurangnya pengalaman dan juga pengetahuan yang pasti. Penyebab lainnya juga berbeda karena ciri kehamilan setiap wanita yang berbeda-beda. Bila anda yang ingin mengetahui tanda kehamilan di minggu pertama, anda dapat menulis perubahan psikis atau fisik yang seringkali dihubungkan dengan awal kehamilan.


Klinik Raden Saleh kali ini akan membedakan wanita yang sedang hamil di minggu pertama. Berdasarkan hormon kehamilan sudah mulai berfungsi dan mempengaruhi kondisi wanita yang sedang hamil di minggu pertama kehamilan.


1. Pendarahan yang dialami oleh wanita yang sedang hamil di minggu pertama yaitu berupa bercak darah yang disebabkan karena implantasi. Kondisi seperti ini sering terjadi pada wanita yang akan hamil yaitu implantation bleeding. Pendarahan yang terjadi karena proses implantation calon janin pada dinding rahim. Pendarahan yang alami hanya berupa bercak bahkan lebih sedikit dibandingkan darah haid. Tetapi banyak wanita yang tidak menyadarinya dan menyangka merupakan darah haid.


2. Sering kali Mengalami Kram pada Perut Meskipun tidak semua wanita merasakan kram perut sebagai tanda kehamilan. Karena ada beberapa sebagian wanita yang tidak menyadarinya dengan hal itu. Kram perut yang rasakan seperti rasa sakit perut disebabkan karena implantasi janin pada dinding rahim yang terus menerus. Kondisi kram pada perut akan sembuh dengan sendiri seiring dengan berjalannya waktu. Kram perut akan dirasakan kembali oleh ibu hamil ketika memasuki trimester ketiga kehamilan.


3. Timbulnya Rasa Mual pada ibu sedang hami seringkali dihubungkan dengan morning sickness. Sebenarnya tidak semua ibu hamil merasakan mual merupakan tanda kehamilan. Beberapa kondisi mual pada wanita bisa karena kondisi gangguan kesehatan pencernaan. Sedangkan tanda wanita mengalami rasa mual yang disebabkan karena hamil bisa terjadi karena adanya hormon HCG. Hal itu akan memicu rasa mual dan muntah pada wanita di minggu pertama kehamilan dan berlangsung hingga minggu ke 12 kehamilan.


4. Memasuki minggu pertama kehamilan wanita seringkali mudah lelah meskipun hanya melakukan aktivitas seperti hari-hari biasa. Bahkan menjalankan aktivitas kecil sekalipun akan membuat wanita menjadi cepat lelah. Untuk wanita yang sedang hamil yang memiliki riwayat kesehatan berhubungan dengan tekanan darah rendah, beresiko pingsan karena kelelahan yang tidak tertahankan. Inilah yang harus diwaspadai ibu yang sedang hamil agar tidak membahayakan kesehatan anda dan janin.


5. Sensitif pada Penciuman, minggu pertama kehamilan berhubungan Wanita lebih sensitif terhadap dengan bau tertentu. Hanya saja setiap kondisi wanita memiliki perbedaan.


Bahkan ada beberapa ibu hamil justru menyukai terhadap bau tertentu pada minggu pertama. Kondisi seperti ini seringkali dihubungkan dengan ngidam. Keinginan untuk memakan makanan secara berlebihan atau menghindari rasa yang menyengat. Bahkan ada beberapa wanita hamil muda menginginkan makanan yang kecut/asam. Kondisi seperti ini merupakan perubahan hormon yang terjadi pada ibu hamil, bahkan tidak hanya dialami minggu pertama kehamilan tapi berlangsung hingga 9 bulan.


Itukah tanda-tanda yang bisa membantu wanita untuk mengetahui kehamilan. Sedangkan bagi wanita yang memiliki siklus menstruasi yang teratur, menstruasi yang telat bisa menjadi pertanda kehamilan. Untuk memastikan kehamilan anda, silahkan melakukan pemeriksaan ke dokter.

11 tampilan