KLINIK ABORSI TEMPAT ABORSI

KLINIK RADEN SALEH

klinikaborsiradensaleh.com adalah Klinik aborsi atau klinik kuret yang memegang sertifikasi Legal dari Dinas Kesehatan Indonesia untuk memberikan pelayanan terbaik tindakan aborsi kuret yang baik dan benar.

​​​

Klinik raden saleh merupakan tempat aborsi yang menjadi acuan seluruh dokter spesialis kandungan dan rujukan dari semua rumah sakit, klinik kesehatan wanita di indonesia. Mempunyai 10 Dokter Kandungan dan 50 Team Medis profesional yang handal dan terpercaya untuk melakukan tindakan kuret atau aborsi

Cari
  • Klinik Raden Saleh

Tips Pencegahan Covid-19 bagi Ibu Hamil

Diperbarui: 6 hari yang lalu

Sampai dengan saat ini mewabahnya virus corona atau covid-19 semakin membuat resah masyarakat. Dan virus ini telah menyebar ke hampir seluruh belahan dunia, bahkan pada beberapa negara menerapkan kebijakan lockdown agar penyebaran dari virus ini tidak semakin meluas. Karena tidak dapat dipungkiri dengan adanya wabah virus covid-19 ini membuat semua orang merasa khawatir. Apalagi telah banyak memakan korban jiwa, tentunya hal ini menimbulkan kekhawatiran juga bagi ibu hamil yang nantinya akan berdampak pada janin yang dikandungnya. Sistem imun pada ibu hamil pun ikut berubah sehingga hal ini menjadikannya lebih rentan untuk terkena penyakit.

Para ahli obstetri dan ginekologi dari Royal College Inggris membeberkan bahwa ibu hamil lebih berisiko tinggi tertular virus jenis baru ini bila dibandingkan dengan wanita yang tidak sedang mengandung.

Virus corona adalah virus yang menyerang sistem pernafasan dan ditularkan dari manusia ke manusia. Sedangkan penularan dari binatang mungkin saja terjadi, akan tetapi belum ditemukan binatang yang pastinya dapat menularkan virus tersebut.Beberapa gejala yang merupakan tanda terinfeksi virus corona seperti adanya demam, batuk serta sesak napas dan dalam kondisi yang parah dapat mengakibatkan gagal napas akut, edema paru, pneumonia atau infeksi paru yang hebat, kegagalan fungsi organ-organ tubuh hingga kematian. 

Pada umumnya ibu hamil sistem imunnya sedang mengalami perubahan sehingga lebih rentan untuk terinfeksi virus corona serta lebih berisiko mengalami gejala penyakit yang berat yang berakibat fatal. Bila pada trimester pertama kehamilan terjadi demam tinggi yang terjadi akibat covid-19 menyebabkan risiko terjadinya cacat lahir pada anak. Ini karena virus corona berasal dari golongan virus yang sama dengan virus penyebab severe acute respiratory syndrome (SARS) dan Middle-East respiratory syndrome (MERS). Berdasarkan atas pengalaman yang lalu bila ibu hamil yang terkena SARS atau MERS berisiko lebih tinggi mengalami keguguran atau bahkan melahirkan bayi prematur.


Maka kejadian ini dapat juga terjadi pada ibu hamil yang terinfeksi virus corona, akan tetapi laporannyamasih sangat sedikit. Meskipun demikian, ibu hamil perlu mewaspadai dengan mewabahnya virus corona tersebut karena sistem imun yang terjadi saat kehamilan menurun. Beberapa langkah dalam mencegah infeksi vrus corona pada ibu hamil yaitu :

  • Cuci tangan

Biasakanlah untuk selalu mencuci tangan dengan menggukan air dan sabun untuk mencegah infeksi virus corona. Lakukan dengan benar agar dapat membunuh virus dan juga kuman yang ada pada tangan. Sesudah itu keringkan tangan menggunakan tisu atau handuk bersih. Bumil juga dapat menggunakan hand sanitizer yang memiliki kadar alkohol 60% yang cukup efektif membasmi kuman di tangan.

  • Jagalah daya tahan tubuh

Ibu hamil sebaiknya memiliki daya tahan tubuh yang baik sehingga dapat mencegah infeksi virus corona. Caranya yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang sehat seperti sayur, buah serta makanan tinggi protein. 

  • Gunakan masker ketika bepergian

Gunakan masker ketika bepergian agar mencegah penularan virus corona. Selain itu jagalah jarak kira-kira 1 meter dari orang-orang yang sedang bersin maupun batuk. 

Ibu hamil perlu waspada dengan adanya covid-19 karena dapat menyebabkan gejala serta dampak yang berat baik bagi ibu maupun janin yang dikandung. Hindari infeksi virus corona dengan cara yang sederhana seperti mencuci tangan dan memakai masker. Di samping itu juga periksakan kehamilan secara rutin ke dokter agar tetap sehat dan terjaga dengan baik. Berdasarkan pada studi kasus pasien hamil yang terinfeksi SARS dapat menyebabkan keguguran pada trimester pertama. Dan bila terjadi pada trimester kedua atau ketiga maka dapat menyebabkan kematian janin atau kelahiran prematur. 


Pada kondisi yang fatal dapat terjadi kematian pada janin di trimester pertama maka harus dilakukan tindakan kuret. Hal ini perlu dilakukan untuk membersihkan rahim dari jaringan setelah keguguran atau aborsi. Tindakan kuret pun tidak dapat dilakukan di sembarang tempat dan harus dilakukan pada klinik aborsi yang berkompeten. Salah satunya adalah Klinik Raden Saleh yang telah berdiri sejak tahun 1989, ditangani oleh dokter SpOG profesional dan Bidan Amd.Keb juga tenaga medis lainnya. Fasilitas yang nyaman dan aman serta proses maupun prosedurnya terbaik bagi pasien dan pelayanan pasca tindakan kuret dimonotoring sampai dengan pasien benar-benar telah dapat melaksanakan aktivitasnya kembali.

0 tampilan