© copyright 2017-2020  KLINIK ABORSI RADEN SALEH Since 1995

Tentang Klinik Raden Saleh

Pertama kali berdiri dengan nama awal Klinik Raden Saleh pada tahun 1965 yang dipelopori oleh Prof. Biran Affandi, Prof. Faried A. Moeloek, Prof. Sudraji Sumapraja, Prof. Abdul Bari Saifuddin dan Prof. Ratna Suprapti Samil. Klinik ini telah menjadi Pusat Penelitian dan Pendidikan Kesehatan Reproduksi Nasional dan Internasional serta menyukseskan program Keluarga Berencana (KB) yang sudah diakui oleh World Health Organisation (WHO).

​Pada tahun 2017 Klinik Raden Saleh melanjutkan perannya di bidang kesehatan kesehatan reproduksi dan akan terus memberikan kontribusi terbaiknya bagi masyarakat.

Visi Dan Misi

VISI
Menciptakan pengalaman istimewa untuk semua melalui academic health system dalam bidang kesehatan reproduksi

MISI​​
Memberikan pelayanan kesehatan reproduksi yang paripurna, bermutu serta terjangkau oleh semua lapisan masyarakat.
Menyelenggarakan pendidikan bidang kesehatan reproduksi yang menghasilkan lulusan unggul, berbasis riset dalam rumah sakit bertaraf internasional.
Melaksanakan penelitian kesehatan reproduksi dan penelitian pendidikan kesehatan reproduksi bertaraf internasional, lintas disiplin untuk  mengatasi dan mengantisipasi masalah kesehatan di masa depan.
Berperan aktif membantu pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam bidang pelayanan kesehatan, pendidikan dan penelitian kesehatan.

Menyelenggarakan tata kelola organisasi yang terintegrasi, efektif, efisien, dan akuntabel, sehingga terwujud pertumbuhan finansial serta manajemen yang handal.

Pemeriksaan Kehamilan USG 3D

Pemeriksaan Kehamilan USG 3D membuat calon ibu bisa melihat janinnya dalam gambar 3 dimensi. Dengan USG 3 Dimensi, Dokter operator bisa melihat bayi lebih detil seperti untuk mencari tahu apakah bayi mengalami bibir sumbing, bagian-bagian jantung dan organ dalam lainnya.

 

Waktu terbaik untuk melakukan pemeriksaan kehamilan USG 3 dimensi adalah pada usia kehamilan ke-26 hingga ke-30. Mengenai keamanan pemeriksaan kehamilan, sampai saat ini belum ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa USG berbahaya bagi janin yang sedang berkembang. Namun begitu, pemeriksaan USG selayaknya menurut saran dokter/ada alasan medis.


Tidak seperti pemeriksaan kehamilan USG 2D, USG 3D akan memberikan dokter spesialis kebidanan dan kandungan Anda untuk melihat lebar, tinggi, serta kedalaman dari janin. Pemeriksaan ultrasound ini akan sangat bermanfaat untuk menegakkan diagnosis masalah kesehatan janin pada saat kehamilan.


Pada saat pemeriksaan kehamilan USG 3D, ibu akan berbaring di tempat tidur pemeriksaan. Dokter spesialis kebidanan dan kandungan akan mengoleskan gel ke perut dan panggul ibu. Gel ini berbasiskan air, maka tidak akan meninggalkan bekas pada pakaian ataupun kulit dari ibu. Gel ini akan membantu gelombang suara berjalan dengan baik sehingga memperlancar pemeriksaan kehamilan USG 3D yang dilakukan.

 

Selanjutnya pemeriksa akan menggunakan gagang periksa USG (transducer) pada perut. Gagang ini akan digerakkan di atas permukaan kulit perut ibu. Pemeriksa mungkin akan meminta ibu untuk menahan napas atau bergeser pada saat menggunakan transducer. Hal ini dilakukan untuk mengambil gambar dalam perut agar muncul pada monitor.

Manfaat Pemeriksaan Kehamilan USG 3D

Penggunaan USG 3D pada ibu hamil dapat bermanfaat untuk:

  • Mengamati pertumbuhan janin dan posisi janin

  • Menentukan jenis kelamin bayi

  • Memastikan kehamilan tunggal atau kembar

  • Melihat plasenta untuk memeriksa masalah yang mungkin terjadi, seperti placenta previa dan placental abruption

  • Memeriksa tanda-tanda down syndrome

  • Memeriksa kelainan kongenital atau kelainan bawaan bayi

  • Memeriksa janin untuk kelainan structural atau kelainan peredaran darah

  • Memantau kadar air ketuban

  • Menegakkan diagnosis pada Rahim atau uterus seperti kista atau tumor

 
Pemeriksaan Kehamilan USG 3D aman untuk dilakukan untuk ibu hamil dan calon bayi. Pemeriksaan kehamilan ini berfungsi juga untuk membantu dokter obgyn melihat masalah yang ada pada kehamilan, sehingga masalah dapat ditangani dengan cepat.

 

Meskipun begitu, tidak dianjurkan untuk melakukan USG 3D terlalu sering karena dapat membuat janin terkena terlalu banyak gelombang ultrasonik. Pemeriksaan kehamilan ini tersedia di Klinik Aborsi Raden Saleh. Terdapat juga pemeriksaan USG 4D.

Berkonsultasilah sebelum melakukan tindakan aborsi, langsung dengan dokter Spesialis Kandungan di layanan yang telah kami sediakan, atau bisa juga membaca terlebih dahulu di website resmi kami.